Friday, January 6, 2012

Kegiatan BSG

Bila kita mendengar atau membaca artikel tentang BSG (Biospeleology Student Gruppen) mungkin identik dengan kelelawar yang menjadi ikon penghuni gua. Padahal di dalam gua bukan hanya ada kelelawar saja tetapi banyak sekali unsur biotik dan abiotik disana yang membentuk suatu ekosistem yang seimbang di dalamnya.
Cabang ilmu dari keguaan tentunya bukan hanya mempelajari tentang kelelawar saja, kita bisa mempelajari tentang jamur yang berada di mulut maupun dalam gua, mempelajari plankton, limnologi gua, ekologi gua avertebrata yang ada di gua dan lain sebagainya.
Untuk tahap pertama BSG sudah memulai dengan penelitian tentang ke-guaan selain kelelawar yang membuat nama BSG di kenal banyak orang. Baru-baru ini BSG memulai dengan meneliti ikan yang berada di dalam gua, obyek gua yang di teliti yaitu gua Sodong yang berada di kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah (musium karst Indonesia).
Penelitian yang dilakukan yaitu mengeksplor apa saja spesies yang ada di dalam gua tersebut yang di mana penelitian tersebut masuk dalam salah satu judul penelitian yang di biayai oleh FMIPA UNY. Dalam kegiatan tersebut melibatkan beberapa anggota BSG yang aktif dalam keorganisasian BSG tersebut.
Dalam penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 6-8 Juli 2011 ini teman-teman anggota BSG yang melakukan penelitian menemukan 3 spesies ikan yang menjadi penghuni gua sodong, diantaranya Clarias gariepinus, Aplocheilus panchax, dan Rasbora dimana ketiga ikan tersebut berada di gua bagian zona gelap dengan intensitas cahaya 0,1 candella.
Dengan hasil yang telah di persentasikan di hadapan jajaran FMIPA ini semakin mengukuhkan bahwa BSG adalah organisasi yang bukan hanya bergerak di bidang kelelawar saja tetapi dalam bidang ke guaan, bahkan dalam penelitian yang di barengi dengan penelitian ikan teman-teman anggota BSG yang lain melakukan penelitian tentang fungi, capung, dan juga kelelawar di kawasan musium Karst Indonesia yaitu di gua Sodong, gua Song Gilap, gua Sonya Ruri, dan gua Gandhok yang berada di kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah.
Dampak dari kegiatan-kegiatan yang berbau ilmiah saat ini BSG sering mendapat kan orderan dari mahasiswa-mahasiswa yang akan melakukan penelitian skripsi untuk menemani dalam pengambilan sampling data di gua-gua tertentu sehingga ilmu yang di miliki dapat di salurkan dan bermanfaat.
Planing kedepan yaitu BSG dapat memfasilitasi para mahasiswa yang menyukai hobby berpetualang tentunya di kawasaan gua atau karst dan membekali mahasiswa untuk berfikir atau mempunyai bakat peneliti-peneliti lapangan sehingga ilmu-ilmu tentang penelitian yang biasanya hanya sedikit di sampaikan di bangku kuliah dapat di terima oleh mahasiswa di kegiatan-kegiatan BSG.
DIJE
Anggota BSG

No comments:

Post a Comment