Thursday, February 14, 2013

Pantai Samas


Samas adalah salah satu pantai yang ada di DIY (Daerah Iatimewa Yogyakarta), Samas masuk ke dalam kabupaten Bantul. Banyak sekali pantai yang terdapat di DIY sepanjang pesisir selatan DIY terdiri atas pantai-pantai yang indah dan terkenal dengan deburan ombak yang begitu besar.
Pantai samas adalah salah satu pantai selatan yang memiliki gelombang yang sangat besar, pantai yang mempunyai ciri khas berpasir hitam ini memang terkenal memiliki ombak yang besar dan angin yang kencang, selain itu pantai ini pun menjadi salah satu tempat bertelurnya penyu yaitu penyu hijau, lekang dan belimbing, tetapi belakangan sudah banyak berkurang dan saat ini yang sering di temukan hanya penyu lekang itu pun jumlahnya sudah jauh berkurang (Rujito; pemerhati konservasi penyu Samas).
Bila kita flashback ke belakang dahulu pantai Samas sangat terkenal sebagai tempat wisata dan ramai sekali pengunjung yang datang, hal tersebut di buktikan dengan banyak sekali pedagang di kawasan pantai Samas, dan terminal pantai Samas pun penuh dengan angkutan yang rutin mengantarkan para wisatawan berkunjung ke pantai Samas.

Hal tersebut di karenakan dahulu kala masih sedikit tempat-tempat wisata yang berbasis patai terdapat di DIY, sebut saja saat ini yang lebih terkenal adala Parang Tritis, pantai Goa Cemara, dan pantai-pantai yang berada di Gunung Kidul, bahkan belakangan Bupati Gunung Kidul siap memajukan wisatanya berbasis Pantai dan juga Gua yang berada di kawasan Gunung Kidul.
Kejayaan Samas memang sudah berlalu, saat ini banyak sekali tempat-tempat wisata yang tumbuh memberikan beragam hiburan dan rekreasi yang dapat memanjakan para wisatawan, saat ini pantai Samas hanya menjadi pantai yang sepi akan pengunjung, hanya beberapa pemancing saja yang mencoba menghabiskan waktu dengan hobinya yang menghiasi pantai Samas, di tambah dengan sampah-sampah yang berserakan di punggungan tepaian pantai.
Tetapi semangat untuk memajukan kembali pantai samas mulai tmbuh dengan adanya wisata perahu di laguna pantai samas yang kian membesar itu, di tambah sudah banyak par penghuni Samas yang sudah kembali ke pantai Samas, dengan adanya hal tersebut semoga pantai Samas bisa menjadi tempat Wisata yang dapat di lirik oleh para Wisatawan karena bagaimanapun pantai Samas tetap indah dengan ombaknya yang begitu besar dan di balik itu semua warga samas yang tinggal dapat mendapatkan keuntungan bila ada Wisatawan yang berkunjung ke pantai Samas. Kembali ke kejayaan pantai Samas.

No comments:

Post a Comment